10 Contoh Hukum Newton 1 dalam Kehidupan Sehari-hari

May 12, 2018
Artikel Terkait

Hukum Newton pertama merupakan salah satu konsep dasar dalam fisika yang ditemukan oleh ilmuwan terkenal, Sir Isaac Newton. Konsep ini menjelaskan tentang gaya, massa, dan percepatan dalam sistem tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari, prinsip yang terkandung dalam Hukum Newton 1 ini seringkali terjelma dalam berbagai situasi yang mungkin tidak kita sadari. Berikut adalah 10 contoh penerapan Hukum Newton 1 dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menyundut Sepatu

Saat Anda duduk di kursi dan menyundut sepatu, sebenarnya Anda menerapkan Hukum Newton 1. Perhatikan bagaimana gaya yang Anda berikan kepada sepatu membuatnya bergerak dari posisi semula.

2. Mengangkat Benda Berat

Saat Anda mengangkat benda berat dari lantai, Anda menggunakan gaya untuk menggerakkan benda tersebut. Ini merupakan contoh nyata dari penerapan Hukum Newton 1 di mana gaya yang diberikan kepada benda akan membuatnya bergerak dengan percepatan tertentu.

3. Mendorong Kereta Belanja

Saat Anda mendorong kereta belanja di supermarket, Anda memberikan gaya yang membuat kereta bergerak. Konsep Hukum Newton 1 yang menyatakan gaya yang diberikan akan menciptakan percepatan benda dapat dilihat dalam situasi ini.

4. Melompat ke Air

Saat Anda melompat dari pinggiran kolam ke air, gaya yang Anda berikan pada tubuh Anda akan menentukan seberapa jauh Anda mampu meloncat. Ini merupakan contoh dari penerapan Hukum Newton 1 di mana gaya yang diberikan akan mempengaruhi percepatan tubuh.

5. Melemparkan Bola

Saat Anda melemparkan bola ke teman, Anda memberikan gaya pada bola yang membuatnya bergerak menuju teman Anda. Prinsip Hukum Newton 1 mengenai gaya dan percepatan sangat terlihat dalam tindakan sederhana ini.

6. Menekan Tombol Remote

Saat Anda menekan tombol remote TV, gaya yang Anda berikan pada tombol akan membuat sinyal terkirim dan perintah terpenuhi. Hal ini merupakan contoh penerapan Hukum Newton 1 dalam teknologi sehari-hari.

7. Menginjak Rem Sepeda

Saat Anda menginjak rem sepeda untuk berhenti, gaya yang Anda berikan pada rem akan menghasilkan percepatan negatif dan membuat sepeda berhenti. Konsep Hukum Newton 1 ini terjadi dalam situasi sepele seperti ini.

8. Menyampirkan Baju di Tali

Saat Anda menyampirkan baju di tali jemuran, gaya yang Anda berikan pada baju membuatnya terangkat dan tergantung di tali itu. Ini merupakan aplikasi sederhana dari Hukum Newton 1 dalam kehidupan sehari-hari.

9. Mengguncang Botol Soda

Saat Anda mengguncang botol soda sebelum membukanya, gaya yang Anda berikan pada botol akan mencampurkan gas CO2 yang ada di dalamnya sehingga bisa keluar dengan eksplosif. Konsep Hukum Newton 1 tentang gaya dan percepatan dapat dilihat dalam aksi mengguncang botol soda ini.

10. Mendorong Pintu Masuk Supermarket

Saat Anda mendorong pintu masuk supermarket untuk masuk, gaya yang Anda berikan pada pintu akan membuatnya terbuka. Konsep Newton 1 tentang gaya dan percepatan terlaksana dalam tindakan sehari-hari yang mungkin kita lakukan tanpa sadar.